PSEUDO-REASONING or FALLACIES.
•
Kesesatan dalam penalaran karena
penyalahgunaan bahasa dan materi.
•
Lawan dari argumentasi logis.
•
Pemilihan istilah yang tidak tepat.
•
Membuat premis dan preposisi yang salah.
Penarikan
kesimpulan yang salah.
EXAMPLE
P1) Jika
Kolonel Mustard membunuh korban dengan wadah lilin, maka ada darah pada wadah
tersebut.
P2) Ada
darah di lilin tersebut.
C)
Kolonel Mustard membunuh korban.
FALLACIES
CLASSIFICATION
- Kesesatan Formal à Bentuk
penalaran yang tidak tepat disebabkan oleh salah memilih term dan
proposisi dalam membuat argumen.
- Kesesatan Infromal/Material àKesesatan yang menyangkut isi dari penalaran disebabkan oleh faktor bahasa (kesesatan bahasa) yang menyebabkan kekeliruan dalam penarikan kesimpulan.
KESESATAN FORMAL
Affirming the consequent of a conditional.
à Invalid
:
P1) Jika seseorang adalah filosofis(P), maka mereka
bijaksana (Q).
P2) Jon bijaksana(Q).
C) Jon adalah seorang filosofis(P).
à Valid :
P1) Jika seseorang adalah filosofis(P), maka mereka
bjaksana (Q).
P2) Jon adalah filosofis(P).
C) Jon bijaksana(Q).
Denying the antecedent of a conditional.
à Invalid :
P1) Jika seseorang adalah filosofis(P), maka mereka
bijaksana (Q).
P2) Jon bukan seorang filosofis(not P).
C) Jon tidak bijaksana(not Q).
Fallacy of deriving ‘ought’ from ‘is’.
Disebabkan oleh penarikan kesimpulan
berdasarkan perspektif yang dimiliki seseorang (subjektif).
“Bagaimana orang bisa mengklaim bahwa monarki seharusnya dihapuskan? Monarki seperti yang
kita tahu telah menjadi pusat kehidupan di Inggris selama hampir seribu tahun, bisa dibilang lebih.”
C : Monarki di Inggris seharusnya
dipertahankan. (Invalid)
P1) Monarki di Inggris telah ada selama
hampir seribu tahun.
P2) Apapun yang telah ada selama hampir
seribu tahun harus dipertahankan.
C) Monarki Inggris harus dipertahankan.
(Valid)
The base rate fallacy.
à Invalid
PI)Rex adalah salah satu tikus atau
kucing.
P2)75% kucing berwarna hitam sedangkan
hanya 45% tikus berwarna hitam.
P3)Rex hitam.
C)Rex mungkin kucing.
sumber :
Ennis, Robert H. 1962. A Concept of Critical Thinking. Harvard Educational Review, Vol 32(1).
Ennis, Robert H. 1962. A Concept of Critical Thinking. Harvard Educational Review, Vol 32(1).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar